PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR



ILMU SOSIAL DASAR


       1.Ilmu Sosial Dasar :

Adalah ilmu yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial yang timbul didalam sebuah masyarakat  baik di suatu daerah/tempat. Misalnya, nilai hubungan perilaku anak dengan orang tuanya, anak dengan teman disekitarnya, dan hubungan masyarakat dengan masyarakat lainnya. Mengenal Ilmu Budaya Dasar sangatlah menyenangkan, karena dalam mengenal suatu budaya maka kita juga dapat  melestarikan budaya tersebut agar budaya yang ada tidak punah. Selain itu, Ilmu Budaya Dasar juga sangat berpengaruh dalam proses mengenal suatu budaya.

 2. Pengertian Ilmu Sosial Dasar Menurut Para Ahli :

- PETER HERMAN

merupakan sebagai satu kesatuan Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namun tetap
- LEWIS

Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya.

       3.Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial :

Ilmu sosial dasar diberikan pada waktu kita menjenjang kulih sedangkan Ilmu sosial pengetahuan yang diberikan pada waktu kita duduk di bangku sd dan juga sekolah lanjutan, Ilmu sosial dasar ilmu yang menjuru pada satu bidang atau hanya berpatokan pada bidang nilai cara bersosialisasi dengan sesama manusia sedangkan Ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu yang mempunyai banyak bidang dan tujuan sama yaitu demi bersosialisai dengan dibagi menjadi beberapa bidang seperti itu ilmu pengetahuan sosial mempunyai banyak kegunaan, Ilmu sosial dasar mengambil nilai suatu sosial dari fakta dan juga teori nilai akan tetapi Ilmu pengetahuan sosial semuanya penuh dengan perhitungan yang tepat.
           
            4.    Persamaan Ilmu Sosial Dasar dengan Ilmu Pengetahuan Sosial :

Persamaan antara Ilmu sosial dasar dengan Ilmu pengetahuan sosial terletak pada sasaran yang diselidiki yaitu manusia dan kehidupan bermasyarakat. Keduanya membahas masalah yang timbul akibat hubungan (interrelationship) manusia. Dengan kata lain, keduanya mempelajari masyarakat manusia, segala aspek kehidupan masyarakat dan problem-problem masyarakat. Keduanya sama-sama merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran, keduanya  juga bukan berada dalam disiplin ilmu yang berdiri sendiri, dan keduanya mempunyai materi yang terdiri dari fakta sosial dan masalah sosial









Komentar

Postingan Populer