3 Unsur Cinta dan Kasih Menurut Sarwono

‘’Cinta kasih Menurut Sarwono’’


Cinta kasih manusia dapat dibagi menjadi tiga yaitu:
1. Cinta kasih kepada Tuhan, sebagai bentuk rasa syukur manusia kepada sang Penciptanya.
2. Cinta kasih manusia kepada sesamanya, cinta kasih manusia kepada sesamanya dapat diexpresikan dalam berbagai bentu dan kegiatan yang mungkin sangat banyak sekali untuk disebutkan satu persatu. 3. cinta kasih manusia kepada alam. ini adalah wujud dari manusia menghargai alam daengan cara memelihara serta merawat lingkungan nya agar tetap terjaga dan indah.
Mungkin hanya itu saja yang dapat saya ungkapkan tentang apa yang saya tahu dari cinta kasih manusia yang begitu besar makna dan artinya karena tanpa danya rasa itu maka hidup pun terasa sangat hampa.

Pengertian Cinta Kasih Menurut kamus umum bahasa Indonesia cinta adalah rasa sangat suka, saying, ataupun sangan tertarik hatinya.

Cinta menurut Dr. Sarlito W. Sarwono memiliki 3 unsur, yaitu:
1. Keterikatan (Cinta Setia)
2. Keintiman (Cinta Saudara)
3. Kemesraan (Cinta Rayuan)


Yang pertama yaitu:
1.Keterikatan
Adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia, ada uang sedikit beli hadiah untuk dia
2.Keintiman
Adanya kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi panggilan formal seperti bapak, ibu saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang dan sebagainya.makan sepiring berdua
3.kemesraan
Adanya rasa ingin membelai dan dibelai, rasa kangen rindu kalo jauh atau lama tak bertemu, adanya ungkapan ungkapan rasa sayang dan seterusnya.

tidak semua unsur cinta itu sama kuatnya. kadang kadang ada yang keterikatannya sangat kuat tetapi keintiman atau kemesraannya kurang, cinta seperti ini mengandung kesetiaan yg kuat dan kecemburuan yang besar, sehingga dirasakan oleh pasangannya sebagai dingin atau hambar karena tidak ada kehangatan yang ditimbulkan oleh kemesraan dan keintiman.

Pendapat saya :
  • Manusia pada hakikatnya tidak akan dapat terpisahkan dari Cinta kasih dan sayang
  • Cinta kasih Ideal itu adanya tiga unsur yaitu keterikatan, keintiman dan kemesraan atau sering juga di sebut Segitiga Cinta yang satu sama lain harus sinergi, selaras, seimbang satu sama lain.
  • Cinta dan kasih mengandung arti yang hampir sama, tapi antara keduanya terdapat perbedaan, yitu cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih meupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa mengarah kepada yang dicintai.
  • Cinta itu mulia, bisa sangat indah, cinta itu sebuah kebahagiaan, tetapi manakala cinta itu tidak sesuai dengan apa yang diharpakan, apa yang diperkirakan dan apa yang didambakan bertolak belakang dari kenyataaan yang sudah terlanjur tercipta dalam angan-angan maka cinta bisa sangat menyakitkan dan menimbulkan penderitaan yang luar biasa.

   DAFTAR PUSTAKA

   http://zahidb.blogspot.com/2012/03/manusia-dan-cinta-kasih

Komentar

Postingan Populer