Pertumbuhan Penduduk Dunia dan Asia

“PERTUMBUHAN PENDUDUK”




PENJELASAN PERTUMBUHAN  PENDUDUK DI DUNIA SECARA UMUM
 Pengertian pertumbuhan penduduk ialah perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu pada waktu tertentu dibandingkan waktu sebelumnya. Dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan "per waktu unit" untuk pengukuran. Sebutan pertumbuhan penduduk merujuk pada semua spesies, tapi selalu mengarah pada manusia, dan sering digunakan secara informal untuk sebutan demografi nilai pertumbuhan penduduk, dan digunakan untuk merujuk pada pertumbuhan penduduk dunia.
Secara umum pertumbuhan penduduk di dunia di era globalisasi seperti sekarang ini, banyak sekali masalah –masalah yang muncul di bebagai bidang. Problem yang akan dihadapi akibat meningkatnya pertambahan penduduk adalah pangan, energi, dan papan. Dari sisi kebutuhan pangan, setiap kenaikan jumlah penduduk akan menaikkan pula ketersediaan pangan. Begitu juga energy, pertumbuhan penduduk akan menyedot energy besar, sementara ketersediaan energi makin menipis. Tak terkecuali masalah papan atau perumahan yang harus disediakan dalam jumlah besar. Masalah ini tentunya akan berujung pada naiknya tingkat pengangguran, kemiskinan, angka kriminalitas, dll. Sebenarnya banyak sebab sehingga masalah ini bisa kian membesar.
Berdasarkan sensus yang telah dilakukan masing-masing negara di dunia, pada umumnya hamper setiap negara terus mengalami pertumbuhan penduduk. Menurut UNFPA, yaitu badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menangani masalah kependudukan, melaporkan bahwa pada tahun 1804, yaitu kira-kira 200 tahun yang lalu, penduduk dunia hanya berjumlah 1 milyar jiwa. Pertumbuhan penduduk tidak sama di semua negara, ada yang cepat dan ada pula yang lambat. Negara-negara maju pada umumnya mengalami pertumbuhan penduduk yang lambat, sebaliknya negara-negara terbelakang dan berkembang, pertumbuhan penduduknya jauh lebih tinggi

Grafik Pertumbuhan Penduduk Dunia
Macam-macam pertumbuhan penduduk:
1. Pertumbuhan Penduduk Alami
Pertumbuhan penduduk alami adalah pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari selisih kelahiran dan kematian.

2. Pertumbuhan Penduduk Migrasi
Pertumbuhan penduduk migrasi adalah pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari selisih migrasi masuk dan migrasi keluar.

3. Pertumbuhan Penduduk Total
Pertumbuhan penduduk total adalah pertumbuhan penduduk yang disebabkan oleh faktor kelahiran, kematian, dan migrasi.


MENGAPA PERTUMBUHAN PENDUDUK DI ASIA BERADA PADA TAHAP MENGHAWATIRKAN
Asia adalah benua terbesar dan paling padat penduduknya di dunia, terletak di bagian timur dan utara. Benua ini mencakup 8,7% dari total luas permukaan bumi dan terdiri dari 30% dari luas daratannya. Dengan sekitar 4,3 miliar orang, terdapat 60% dari populasi manusia dunia saat ini. Asia memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi di era modern. Misalnya, selama abad ke-20, Populasi Asia hampir empat kali lipat.
Asia memiliki kedua negara terpadat di perbatasannya : China dan India . Cina saat ini merupakan negara yang paling padat penduduknya di bumi dengan perkiraan populasi tahun 2013 dari 1357379000 . Ini menyumbang 31,69 % dari total penduduk Asia . India tidak terlalu jauh di belakang dengan perkiraan populasi 1257476000 , akuntansi untuk 29,36% dari populasi benua tersebut. Diperkirakan bahwa penduduk India akan melampaui Cina dengan 2028 , ketika masing-masing negara akan memiliki populasi sekitar 1,45 miliar orang .
10 negara teratas yang paling padat penduduknya di Asia adalah:
    Cina , 1357000000
    India , 1257000000
    Indonesia , 248400000
    Pakistan , 183900000
    Bangladesh, 154500000
    Jepang , 127300000
    Filipina , 98 juta
    Vietnam, 89700000
    Iran , 76700000
    Turki , 76 juta
        Tingkat pertumbuhan Asia sangat tinggi , empat kali lipat pada abad terakhir . Mengingat kekayaan sumber daya dan berbagai ekologi dan biologi , itu adalah di posisi yang sempurna untuk mendukung pertumbuhan ini juga. Sayangnya , pertumbuhan Asia yang cepat dan pembangunan ekonomi yang cepat mengancam sumber daya yang terbatas melalui ekspansi cepat , penghancuran kebiasaan alami dan urbanisasi .
            Ini diperkirakan bahwa penduduk Asia akan terus tumbuh selama beberapa waktu , yang akan terus ketegangan sumber dayanya . Berdasarkan perkiraan saat ini , itu memproyeksikan bahwa populasi nasional akan tumbuh di setiap negara Asia kecuali Jepang dan Kazakhstan melalui 2050 Beberapa negara , termasuk Afghanistan , Nepal dan Pakistan , akan berlipat ganda dalam populasi selama ini sementara India , Vietnam , Malaysia dan negara-negara lain akan melihat tingkat pertumbuhan sangat tinggi .Itu sebabnya pertumbuhan penduduk Asia berada pada tahap sangat menghawatirkan.

         FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN PENDUDUK, DI PANDANG DARI SUDUT DEMOGRAFIS, ETNIS DLL
Menurut saya yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk di pandang dari sudut demografi dan etnis. Adalah jumlah penduduk yang dapat mengalami perubahan dari waktu ke waktu, yaitu bertambah atau berkurang. Perubahan jumlah penduduk disebabkan adanya pertumbuhan penduduk, baik pertumbuhan positif, ataupun negatif.
Faktor demografi meliputi tiga hal pokok, yaitu: Kelahiran, Kematian, dan Migrasi (migrasi masuk dan migrasi keluar).
1. Kelahiran (Fertilitas) Kelahiran merupakan faktor alami. Kelahiran adalah bertambahnya jumlah penduduk di suatu wilayah.
2. Kematian (Mortalitas) Kematian merupakan faktor alami. Kematian adalah hilangnya tanda-tanda kehidupan manusia secara permanen atau berkurangnya penduduk pada suatu wilayah.
3. Perpindahan (Migrasi) Migrasi merupakan faktor non-alami. Faktor terakhir yang mempengaruhi kecepatan pertumbuhan penduduk suatu daerah adalah Perpindahan (Migrasi) atau Mobilitas Penduduk yang artinya proses gerak penduduk dari suatu wilayah ke wilayah lain dalam jangka waktu tertentu.

Faktor entis atau suku. Merupakan factor alami suatu kesatuan sosial yang dapat membedakan kesatuan berdasarkan persamaan asal-usul seseorang sehingga pertumbuhan penduduk dapat dikategorikan dalam status kelompok mana ia dimasukkan.

Komentar

Postingan Populer