Ilmu Budaya Dasar yang saya pelajari

       Pendapat saya setelah mempelajari Ilmu Budaya Dasar, menurut saya setelah mempelajari ilmu budaya dasar saya dapat memahami perilaku lebih dalam diri saya sendiri maupun orang lain, karena dengan memahami karakter seseorang lebih dalam akan membuat seseorang menjadi tahu sifat yang ada di dalamnya itu, dan bukan luarnya saja. Kemudian mampu menghargai budaya yang ada di sekitar kita dan ikut mengembangkan budaya bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang leluhur kita yang hampir musnah nilainya. Selanjunya saya mampu menciptakan hubungan yang harmonis antar manusia dan kelompok. Karena manusia merupakan makhluk sosial dimana manusia tidak dapat hidup sendiri dan pasti akan membutuhkan bantuan orang lain. Dan yang terakhir dapat mengenal lebih jauh tentang unsur-unsur budaya, seperti kepercayaan, kekerabatan, mata pencaharian, ilmu pengetahuan, bahasa, seni dan teknologi.

     Tujuan mempelajari ilmu budaya dasar adalah agar ilmu ini dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Selain itu, ilmu budaya dasar adalah salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran dan bukan cuman mempelajari ilmu yangada di dalam jurusan nya, serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.

     Kesimpulan, menurut saya ilmu budaya dasar adalah merupakan ilmu yang penting untuk meningkatkan pengetahuan kita serta meningkatkan kecintaan kita terhadap budaya, di sekitar kita. Dengan mempelajari ilmu budaya dasar ini kita akan mengetahui berbagai budaya di negeri kita yang belum kita kenal serta dapat turut serta melastarikan budaya, meskipun menurut saya di mata kuliah ini  kurang diajarkan tentang budaya budaya di indonesia. Sebagai mahasiswa kita selayaknya dapat lebih menunjukan rasa kepeduilian kita, cinta kasih kita terhadap budaya negri ini dengan berbagai aksi, karena menurut saya anak muda jaman sekarang sudah tidak peduli dengan budaya budaya disekitar mereka, karena sudah terpengaruh dengan budaya asing, yang  masuk ke negri kita dan diterima dengan baik tanpa di filter mana yang baik dan mana yang buruk.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer