LPJ PENGURUS HMI BIDANG KESEKTARIATAN



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 I.             Pendahuluan
Puji syukur marilah kita ucapkan  atas kehadiran Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua. Selawat berserta salam semoga tetap tercurahkan pada jujungan alam, yakni nabi besar kita Muhammad SAW.
Peran da fungsi sekretaris dalam suatu organisasisi merupakan peran yang bisa dikatakan menentukan, selain dari itu juga merupakan sentral utama dalam mengembangkan suatu organisasi. Layaknya sekretaris ketertiban administrasi juga bisa menjadikan sebagai acuan dalam gerak langkah yang akan dilakukan. Dalam memberikan tatanan administrasi, mungkin selama ini masih kurang dalam melakukan proses penataannya, baik tentang ketertibannya, penyimpanan dokumen-dokumen atau bahkan arsip penting dan sebagainya, maka diharap kepemimpinan berikutnya bisa memberikan tatanan keadministrasian yang lebih baik.

II.            Kondisi Obyektif.
a.         Kondisi Internal
Ketika didirikan 5 Februari 1947 lalu, HMI berdiri di bawah semangat keislaman dan keindonesiaan. Meskipun demikian gejala degradasi ditubuh HMI sudah mulai terasa. Itu disebabkan oleh kurangnya motivasi dan kurangnya rasa memiliki pada diri kader-kader HMI dan juga kader-kader HMI cenderung belum menguasai atau tidak ada kemauan untuk menguasai materi-materi pokok terutama konstitusi. Hal ini menyebabkan kedewasaan di dalam diri pengurus dan anggota kurang dalam berorganisasi.  Serta konflik-konflik internal organisasi yang berlarutan. Semoga ke depan hal-hal tersebut menjadi pemicu semangat para kader dalam membenahi HMI menuju arah yang lebih baik.
b.         Kondisi Eksternal
Kondisi eksternal HMI Komisariat FTI Gunadarma sendiri banyak mengalami kritikan-kritikan dari luar komisariat tentang kepengurusan maupun tentang personal pengurus maupun anggota, hal ini menyebabkan image yang tidak bagus di eksternal HMI Komisariat FTI Gunadarma. Akan tetapi berkat kekurangan tersebut dapat tertutupi. Dengan adanya beberapa pengurus yang masi tetap bersosial dilingkunan sekretariat HMI Gunadarma dan dapat meningkatkan ikatan emosional diantara para kader HMI.

III.            Kinerja Sekertaris Umum
a.       Pendataan, Pengelolaan Surat keluar dan masuk (Semi Terealisasi)
b.       Pembuatan Media sosial instagram HMI Gunadarma khususnya HMI Komisariat FTI (Terealisasi)
c.       Pengadaan Sekretariat HMI Gunadarma dan HMI Komisariat FTI (Terealisasi)
d.       Pengadaan perpustakaan HMI Gunadarma dan HMI Komisariat FTI (Terealisasi)
f.        Mengelola Media sosial HMI Gundarma khususnya HMI Komisariat FTI diantaranya   Line@ dan Instagram (Terealisasi)
g.       Mengelola dana pembiayaan Sekretariat HMI Gunadarma dan HMI Komisariat FTI (Terealisasi)

IV.            Evaluasi
Dari pemaparan tentang kerja organisasi (Sekretaris Umum) ini sekiaranya akan bisa diambil hikmah dari kepengurusan yang akan segera di dimisoner sebagai sebuah upaya melakukan perbaikan kedepannya. Selain dari program kerja yang sudah direncanakan sejak awal  baik yang terealisasi maupun tidak terelisasi merupakan sebuah upaya yang dilakukan dalam rangka kita melakukan proses kaderisasi karena sejatinya organisasi ini adalah wadah untuk melakukan pembelajaran. Semakin banyak yang bisa kita perbuat maka akan semakin banyak pula yang akan didapatkan.

V.            Penutup
Tidak terasa satu tahun telah berlalu dan bukanlah waktu yang panjang untuk bisa berbuat banyak di himpunan ini sejak dilantik sampai pada hari ini dihadapan Forum RAK menjadi sebuah keharusan untuk mempertanggung jawabkan apa yang pernah dilakukan dan belum dilakukan. Saya selaku sekretaris umum memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam pergaulan kita sehari-hari banyak tingkah laku yang menyakiti perasaan kawan-kawan semuanya. Sekali lagi saya memohon maaf yang sebesar-besarnya. Demikianlah laporan pertanggungjawaban ini yang dapat saya sampaikan dengan mengucapkan Alhamdulillah saya bisa melaporkan program kerja yang sudah dijalankan pada  periode kepemimpinan ini, meskipun dalam garis besar tidak ada yang terlaksana dengan sempurna. Semoga kepemimpinan terpilih nantinya, kedepan bisa menjadikan HMI Komisariat FTI Universitas Gunadarma semakin terarah, semakin berkualitas tentunya bisa lebih baik dari yang sekarang.
Salam Perjuangan…!!! Yakin Usaha Sampai.

Bilahitaufiq wal hidayah
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Gilang W R Loilatu



Sekertaris Umum

Komentar

Postingan Populer